PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT PADA SISWA KELAS X SMK TIRTA JAYA DEPOK

Rangga, Prasetia (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT PADA SISWA KELAS X SMK TIRTA JAYA DEPOK. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rangga Prasetia: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Debat Pada Siswa Kelas X SMK Tirta Jaya Depok. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X SMK Tirta Jaya Depok dan kendala yang dialami siswa dalam berbicara debat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Tirta Jaya Depok. Sampel penelitian ini yaitu kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kels X Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara debat pada kelas X SMK Tirta Jaya Depok dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 59 (kurang mampu) dalam berbicara debat, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam berbicara debat meningkat menjadi 87 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 3,2 dan d.b. = 48, selanjutnya dilakukan pengetesan satu skor pada nilai “t”. d.b. 48 dan diperoleh harga t00,01 = 2,40 dan harga t0 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,67 < 3,2> 2,40. Hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara debat pada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Hipotesis kedua yaitu, terdapat berbagai kendala dalam meningkatkan keterampilan berbicara debat pada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat sebanyak 7 siswa atau 28% dapat dikatakan mengalami kendala dalam hal berbicara. Kemudian 6 siswa atau sebanyak 24% siswa dapat dikatakan mengalami kendala dalam berdebat. Ada pula 8 siswa atau sebanyak 32% siswa mengalami kendala dalam menentukan unsur-unsur debat, kemudian 3 siswa atau sebanyak 12% siswa mengalami kendala dalam berdebat dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script. Kata kunci: Keterampilan berbicara, debat, model pembelajaran cooperatvie script

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:17
Last Modified: 06 Jan 2025 03:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item