Dewi, Rahmawati (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN JENIS-JENIS MAKNA KATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Skripsi Dewi Rahmawati.pdf Download (745kB) |
Abstract
Dewi Rahmawati: Hubungan Antara Penguasaan Jenis-jenis Makna Kata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Bogor. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna kata dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dari 25% populasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda dan tes uraian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data dengan uji product moment, diperoleh nilai koefesien nilai (r) dengan sampel (N=67) sebesar 0,342 pada interval koefesien 0,200 – 0,399 dengan tingkat hubungan rendah. Pengujian hasil koefesien kolerasi (r) pada product moment dapat dihubungkan dengan tabel kolerasi product moment (r-tabel) dengan N = 67. Pada r tabel product moment dapat diketahui taraf signifikan 5% dan 1% terhadap N= 67 adalah 0,232 dan 0,302. Sehubungan dengan hasil perhitungan tersebut maka hipotesis tidak ada hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna kata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor ditolak, sebab rhitung lebih besar dari pada rtabel sehingga dapat diketahui bahwa rt (5% = 0,232) < (rxy = 0,342) > rt (1% = 0,302). Selain itu, jika dilihat pada tabel penafsiran koefesien hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna kata dengan kemampuan menulis puisi pada interval 0,200-0,399 dengan tingkat hubungan rendah. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat hubungan antara penguasaan jenis-jenis makna kata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Bogor diterima. Dengan kata lain 34,2% penguasaan jenis-jenis makna kata memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis puisi, sedangkan 65,8% merupakan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan jenis-jenis makna kata memiliki hubungan rendah dengan kemampuan menulis puisi siswa. Kata kunci: Penguasaan jenis-jenis makna kata, kemampuan menulis puisi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:15 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:16 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |