Rendy, Dwi Maulana (2016) Penggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI RENDY DWI MAULANA 032112090.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rendy Dwi Maulana: Penggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis resensi novel siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ciseeng serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis resensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ciseng. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan teknik membaca kritis dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi novel dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 46,82 dapat diketahui kemampuan siswa kurang mampu dalam menulis resensi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis resensi meningkat menjadi 70,46 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 4,85 dan db = 60 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67serta tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<4,85>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis resensi novel terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada proses membaca 21 siswa atau 75% kesulitan memahami tujuan penulis. siswa pun kesulitan menemukakan kelebihan novel pada saat proses membaca, dilihat dari 19 siswa beranggapan sulit atau 67,89%, dan 18% siswa merasa kesulitan memberikan penilaian akhir atau simpulan terhadap novel yang dibaca. Kendala tersebut terjadi pada proses membaca, saat proses menulis pun terdapat kendala. Kendala terlihat ketika 20 atau 71,43% siswa kesulitan menuangkan kelebihan novel yang diperoleh saat proses membaca ke dalam bentuk resensi. Kata kunci: Kemampuan menulis resensi novel, teknik membaca kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:19 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8815 |
Actions (login required)
View Item |