Nurjaman, Andi and Herfina, Herfina and Maesya, Aries (2024) PENERAPAN ALGORITMA CART PADA PENENTUAN JURUSAN SISWA DI SMA NEGERI 1 MEGAMENDUNG. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Andi Nurjaman_065117204 Final.pdf Download (1MB) |
Abstract
PENERAPAN ALGORITMA CART PADA PENENTUAN JURUSAN SISWA DI SMA NEGERI 1 MEGAMENDUNG Andi Nurjaman1) , Herfina2) , Aries Maesya3) Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Corresponding Author: Abstrak Pada APBN 2018 lalu pemerintah indonesia mengalokasikan danakurang lebih Rp. 444,131 triliun untuk pendidikan di indonesia agar lebih majulagi. Pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) di mulailah pembentukan karakter pada siswa agar kelak dapat bersaing di era globalisasi ini dan sebagaiawal permulaan untuk siswa beradaptasi dengan hal yang jauh lebih besar. Perhitungan algoritma Classification and Regression Tree (CART) yang diterapkan untuk melakukan klasifikasi penjurusan siswa pada SMAN 1 Megamendung menggunakan data sebanyak 20 data menghasilkan akurasi sebesar 88,61% dan nilai Precision dan Recall masingmasing adalah 0,903 dan 0,905, padapengukuran kinerja klasifikator dilihat dari kurva ROC untuk algoritma CART setiap kelas IPA dan IPS mencapai titik diatas 0,9 dengan nilai masing-masing adalah 0,9971, 0,9479, dan 0,9523 dan dengan nilai masing-masing 0,9969,0,8782, dan 0,880, angka tersebut jika dilihat dari tingkat diagnose kurva ROC algoritma ini termasuk kedalam kategori Excellent Classification. Kata kuuci : Penerapan Algoritma Cart, Clssification And Regression Tree, Pada Penentuan Jurusa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:19 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |