Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Predeict, Observe, Explain (POE) : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor

Karina Husin, Ririn (2016) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Predeict, Observe, Explain (POE) : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi revisi.pdf

Download (3MB)

Abstract

RIRIN KARINA HUSIN. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menerepkan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Susi Sutjihati, M.Si, dan Dra Eka Suhardi, M.Si Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIA 1 SMAN 1 Gunungsindur, Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 44 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, penerapan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrument yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X MIA 1 setelah dilakukan penerapan model Predict, Observe, Explain (POE) pada siklus I mencapai 73,28 (61,36%) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,20 (79,55%). Sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I mencapai 73,13 dengan kategoti cukup dan pada siklus II mencapai 76,53 dengan kategori baik. Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran POE yaitu mencapai 54,75 % pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 62,12% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 75,19% pada tindakan 1 dan meningkat menjadi 84,66 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Kata kunci: Model Pembelajaran, POE, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:19
Last Modified: 16 Jan 2025 02:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item View Item