Zahra, Fatimah Az and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2024) Pengukuran Kualitas Pelayanan pada Kobi Education menggunakan Electronic Service Quality dan Importance Performance Analysis. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Revisi Skripsi - Fatimah Az Zahra.pdf Download (3MB) |
Abstract
FATIMAH AZ ZAHRA. 021120369. Pengukuran Kualitas Pelayanan pada Kobi Education menggunakan Electronic Service Quality dan Importance Performance Analysis. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan SALMAH, 2024. Kobi Education merupakan start-up layanan jasa bimbingan persiapan beasiswa ke luar negeri dan persiapan untuk tes IELTS serta TOEFL. Perusahaan ini menjalin komunikasi dengan pesertanya menggunakan platform seperti Zoom Meeting, Whatsapp, dan Google Classroom. Selain itu, mereka juga memanfaatkan Learning Management System (LMS) dan website untuk menunjang kebutuhan proses online learning. Namun, pada pelaksanaannya terdapat berbagai kendala yang dirasakan oleh peserta, di antaranya seperti metode pembelajaran yang belum sesuai dengan harapan mereka, website yang masih belum mempermudah peserta untuk mencari apa yang mereka butuhkan, dan atribut tim Kobi Education yang harus siap membantu peserta melalui berbagai saluran komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas pelayanan menggunakan Electronic Service Quality dan Importance Performance Analysis, serta menganalisis kriteria dalam kinerja dan kepentingan yang perlu diperbaiki dan dipertahankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Kobi Education. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penarikan sampelnya menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Electronic Service Quality (E-Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil yang didapat dari penelitian ini, pengukuran kualitas pelayanan dengan menggunakan E-Servqual menunjukkan bahwa terdapat 6 (enam) kriteria yang memiliki nilai gap negatif dan 9 (sembilan) kriteria yang mendapatkan nilai gap positif. Lalu, pengukuran kualitas pelayanan dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa terdapat 1 (satu) kriteria dari atribut efisiensi dan 1 (satu) kriteria dari atribut daya tanggap yang menjadi prioritas utama untuk segera diperbaiki. Selain itu, terdapat beberapa kriteria yang juga perlu diperhatikan oleh Kobi Education karena tingkat kinerja dan kepentingannya rendah, seperti 2 (dua) kriteria dari atribut pemenuhan, 2 (dua) kriteria dari atribut ketersediaan sistem, dan 1 (satu) kriteria dari atribut efisiensi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Electronic Service Quality (E-Servqual), Importance Performance Analysis (IPA)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:00 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:00 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |