Hapsari, Rahma Garsina Citraresmi Siti and Salmah, Salmah and Rully, Tutus (2024) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Bakso Intan Family. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
2024 Rahma Garsina Citraresmi Siti Hapsari 021117269.pdf Download (2MB) |
Abstract
RAHMA GARSINA CITRARESMI SITI HAPSARI. 021117269. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Bakso Intan Family. Di bawah bimbingan : SALMAH dan TUTUS RULLY. 2024 Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memengaruhi berbagai sektor termasuk sektor UMKM, meskipun pandemi Covid-19 telah berubah menjadi endemi namun berbagai usaha yang ada masih berusaha untuk pulih kembali. Sehingga setiap pelaku usaha harus dapat membuat keputusan strategi yang tepat agar usaha dapat terus berjalan dan bertahan. Salah satu usaha yang terdampak yakni Mie Ayam Bakso Intan Family, yang mengalami penurunan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal, serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk usaha Mie Ayam Bakso Intan Family untuk meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif (eksploratif) dengan metode studi kasus dengan pendekatan yang digunakan memakai kualitatif, dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian menggunakan matriks IFE didapatkan faktor kekuatan tertinggi yakni kualitas dan rasa yang tetap terjaga, serta harga produk yang terjangkau dengan skor yang sama yakni 0,64 dan faktor kelemahan tertinggi yaitu pemasaran masih berfokus pada word of mouth dengan skor 0,55. Berdasarkan matriks EFE, faktor peluang tertinggi dengan skor sama sebesar 0,32 yakni lokasi yang strategis serta tren konsumsi mie dan bakso di Indonesia dan faktor ancaman tertinggi dengan skor sama sebesar 0,32 yaitu peningkatan jumlah pesaing pendatang baru dan pesaing usaha dari level UMKM hingga perusahaan. Berdasarkan hasil matriks IE menunjukkan posisi usaha berada pada posisi kuadran I yakni growth and build. Berdasarkan matriks IE dan SWOT, strategi yang dapat digunakan yakni strategi intensif seperti penetrasi pasar serta pengembangan produk Kata kunci : Strategi pemasaran, IE, SWOT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:02 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:02 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |