PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP NEGERI 1 CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI

SHEREN, SUCI PUSPITA SARI (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP NEGERI 1 CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Anggi Indarsyah.pdf

Download (897kB)

Abstract

ABSTRAK Sheren Suci Puspita Sari. Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Outdoor Study dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dan mengatuhui kendala siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah, dan sampel penelitian ini adalah kelas VII – A. Dengan metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis teks deskripsi. Dan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam pembelajaran teks deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis teks deskripsi mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prates kelas eksperimen 44,38. Sementara itu nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 83,93. Adapun di kelas kontrol nilai rata-rata prates yakni, 44,38. Sedangkan nilai rat-rata postes 54,125. Berdasarkan dari hasil perhitungan mean, harga thitung = 19,8 dengan hasil d.b = 70. Dilakukan uji pada tabel “t” bahwa nilai d.b = 70 diperoleh dengan t0,99 = 2,38 dan t0,95 = 2,64. Dengan demikian, thitung lebih besar dari pada ttabel atau thitung signifikan yaitu (2,38<19,8>2,64). Hasil tersebut menyatakan bahwa penggunaan metode Outdoor Study dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Terdapat kendala yang pertama yaitu 27 siswa (75%) dalam menentukan tema/judul deskripsi, selanjutnya siswa mengalami kendala dalam menentukan ciri-ciri teks deskripsi terdapat 20 siswa (55%), selanjutnya kendala dalam menentukan jenis-jenis teks deskripsi ada 21 siswa atau (58%), kendala dalam memahami struktur teks deskripsi ada 19 siswa atau (53%), kemudian kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan teks deskripsi ada 20 siswa atau (55%), dan yang terakhir yaitu kendala dalam menentukan pronomina dalam teks deskripsi ada 20 siswa atau (55%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Outdoor Study dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi, meskipun siswa masih mengalami kendala. Kata Kunci : Keterampilan Menulis,Teks Deskripsi, Metode Outdoor Study

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Feb 2025 06:14
Last Modified: 17 Feb 2025 06:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item