Nabilla, Putri Ramadhan (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA 2 CITEUREUP. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Skripsi Nabila Putri Ramadhan 032119001.pdf Download (944kB) |
Abstract
ABSTRAK Nabilla Putri Ramadhan: Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Widya Dharma. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dan kendala yang dialami siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI-1 perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 perkantoran sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata- rata 52,89 (kurang mampu) dalam menulis teks prosedur, sedangkan hasil pascates kelas eksperimen dalam menulis teks prosedur meningkat dengan nilai rata-rata 88,00 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 2,55 dan d.b. 48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% = 2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel<thitung yaitu, 1,67<2,55>2,40. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kelas XI SMK Widya Dharma. Hipotesis kedua yaitu, yaitu siswa tidak mengalami kendala dalam menulis teks prosedur setelah diberikan model Project Based Learning (PjBL) terbukti kebenarannya tidak mengalami kendala saat menentukan struktur teks prosedur sebanyak 88%. Tidak mengalami kendala dalam menggunakan kosa kata sebanyak 80%. Tidak mengalami kendala dalam unsur kebahasaan teks prosedur sebanyak 88%. Kata Kunci: keterampilan menulis, project based learning, PjBL, teks prosedur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 07:41 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 07:41 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |