Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT Wijaya Karya Tbk

Lestari, Sri and Sunarta, Ketut and Octavianty, Ellyn (2024) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT Wijaya Karya Tbk. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2024 Sri Lestari 022120098 LENGKAP..pdf

Download (1MB)

Abstract

SRI LESTARI. 022120098. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT Wijaya Karya Tbk. Di bawah bimbingan : KETUT SUNARTA dan ELLYN OCTAVIANTY. 2024. Pengukuran kinerja sangat penting bagi organisasi perusahaan. Sampai saat ini, ukuran kinerja hanya berfokus pada laba, khususnya aspek keuangandan hal ini tidak cukup jika diterapkan di era informasi dan komunikasi saat ini. Perusahaan memerlukan ukuran kinerja baru yang lebih baik yang dapat menunjukkan ke mana arah perusahaan dan sejauh mana perusahaan dapat menciptakan nilai finansial jangka panjang untuk mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja PT Wijaya Karya Tbk dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang dinilai dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebagai alat ukur kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT Wijaya Karya Tbk periode 2019-2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan PT Wijaya Karya Tbk. Teknik analisis data yang digunakan adalah, perspektif keuangan dilihat dari NPM, ROI ROA, ROE, perspektif pelanggan dilihat dari penerimaan kas dari pelanggan, perspektif proses bisnis internal dilihat dari operating profitdan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dilihat dari produktivitas karyawan. Hasil perhitungan kinerja PT Wijaya Karya Tbk periode 2019-2022 dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yaitu 1) Perspektif Keuangan PT Wijaya Karya Tbk yang diukur dengan menggunakan rasio NPM, ROI, ROA dan ROE secara keseluruhan penilaian Balanced Scorecard dikatakan kinerja kurang baik. Hal ini karena dilihat dari tingkat persentase masing-masing rasio tiap periode yang terus mengalami penurunan. 2) Perspektif pelanggan diukur dengan menggunakan penerimaan kas dari pelanggan. Pada penerimaan kas dari pelanggan secara keseluruhan PT Wijaya Karya Tbk dinilai cukup baik dikarenakan penerimaan kas dari pelanggan tiap periode mengalami peningkatan sehingga dikategorikan kinerja cukup baik. 3) Perspektif Proses Bisnis Internal PT Wijaya Karya Tbk diukur berdasarkan operating profit. Penilaian perspektif proses bisnis internal dinilai kurang baik dikarenakan nilai operating profit tiap periode mendominasi penurunan sehingga dikategorikan dalam kinerja kurang baik. 4) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan PT Wijaya Karya Tbk diukur berdasarkan produktivitas karyawan. Penilaian perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara keseluruhan dinilai kurang baik dikarenakan nilai produktivitas karyawan tiap periode mendominasi penurunan sehingga sehingga dikategorikan dalam kinerja kurang baik. Kata kunci : pengukuran kinerja, balanced scorecard

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:52
Last Modified: 20 Feb 2025 07:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9014

Actions (login required)

View Item View Item