Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor.

Heni, Septiani (2020) Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
H. SEPTIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Heni Septiani : Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kegiatan awal seorang guru untuk memulainya suatu pembelajaran di kelas, dengan kata lain susunan atau rangkaian pembelajaran. Dalam RPP terdapat komponen penting salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran adalah suatu pendekatan yang berpola sistematis. Pada penelitian ini peneliti mengkaji penggunaan sintak model discovery learning yang terdapat pada RPP menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Fokus dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor dan subfokus penelitian ini adalah kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor, yaitu discovery learning yaitu stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), generalization (menarik kesimpulan). Pada pertemuan keempat tidak ditemukan tahap verification. Penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor yang terdapat 24 data yang terdiri dari 4 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan pada RPP tersebut sudah cukup menerapkan keenam langkah model pembelajaran discovery learning dinyatakan dalam beberapa kegiatan seperti mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan data, menarik kesimpulan. Hal tersebut menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor sudah cukup sesuai mengunakan sintak model pembelajaran model discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:50
Last Modified: 03 Mar 2025 06:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9105

Actions (login required)

View Item View Item