Ana, Khoerunnisa Wahdah (2022) ANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOLOGI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIGOMBONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
SKRIPSI - ANA KHOERUNNISA WAHDAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ana Khoerunnisa Wahdah. 032118052. Analisis Kesalahan Proses Morfologi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cigombong Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Menulis merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan perhatian serius. Dalam menulis teks deskripsi ada kalanya siswa masih melakukan kesalahan berbahasa sehingga belum sesuai dengan penggunaan kaidah Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan proses morfologi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigombong Kabupaten Bogor serta untuk mengetahui kesalahan proses morfologi yang paling dominan dalam penulisan teks deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasil yang didapatkan dari penelitian jenis ini juga akan dijelaskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumen dengan melakukan pengkajian terhadap teks deskripsi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Fokus pada penelitian ini adalah kesalahan pada proses morfologi berupa afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan sebanyak 52 data kesalahan proses morfologi dengan kesalahan afiksasi sebanyak 38 data (73,08%). Kesalahan afiksasi umumnya terjadi karena adanya penyingkatan afiks dan penulisan afiks yang tidak disatukan dengan kata yang mengikutinya. Kesalahan reduplikasi sebanyak 13 data (25%) umumnya dilakukan karena tidak menggunakan tanda hubung di antara kedua unsurnya. Lalu, kesalahan komposisi sebanyak 1 data (1,92%), kesalahan yang dilakukan karena penulisan yang seharusnya dipisah justru disatukan. Kesalahan proses morfologi yang paling dominan dilakukan dalam teks deskripsi adalah kesalahan afiksasi, yaitu sebanyak 38 data (73,08%). Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui juga bahwa faktor yang menyebabkan kesalahan karena siswa belum memahami penggunaan kaidah Bahasa Indonesia sehingga perlu adanya pemahaman yang lebih intens terhadap hal tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kata kunci: proses morfologi, kesalahan berbahasa, teks deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:50 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |