Penerapan Metode Qutdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII smp Yaspia Kabupaten Bekasi.

Fitri, Oktaviani (2024) Penerapan Metode Qutdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII smp Yaspia Kabupaten Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
FITRI OKTAVIANI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitri Oktaviani. 032120054. Penerapan Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Islam Yaspia Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode outdoor study dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia Kabupaten Bekasi, serta untuk mengetahui kendala siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia Kabupaten Bekasi dalam keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menerapkan metode outdoor study. Metode yang digunakan, yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII SMP Islam Yaspia Kabupaten Bekasi berjumlah 69 siswa. Sampel yang digunakan yaitu, kelas VIII B berjumlah 35 siswa, kelas eksperimen dan kelas VIII A berjumlah 34, kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel, yaitu random sampling. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis pertama, yaitu penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat teruji kebenarannya. Hal ini dilihat dari hasil prates yang diperoleh kelas eksperimen, bahwa keterampilan siswa berada pada taraf interpretasi kurang mampu menulis teks eksplansi dengan nilai rata-rata 43,57. Pada hasil pascates siswa mengalami peningkatan pada taraf mampu dengan nilai rata-rata 83,13. Peningkatan siswa sebanyak 39,56. Hal tersebut menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran outdoor study kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Hipotesis yang kedua, yaitu terdapat kendala yang dialami siswa dalam keterampilan menulis teks eksplanasi melalui penerapan metode outdoor study teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, 11 siswa atau 37% terkendala dalam menentukan tema atau judul dalam menulis teks eksplanasi, 9 siswa atau 30% terkendala dalam menentukan kaidah kebahasaan, dan 9 siswa atau 30% tidak mampu dalam menyusun kalimat teks eksplanasi. Dengan demikian, metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan keterampilan menulis walaupun terkendala dalam penulisan teks eksplanasi. Kata kunci: metode outdoor study, keterampilan menulis, teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:50
Last Modified: 03 Mar 2025 06:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9112

Actions (login required)

View Item View Item