Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Kelas VII Mts Al Asiyah Cibinong.

Siti, Handayani (2023) Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Kelas VII Mts Al Asiyah Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SITI HANDAYANI DIAGRAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Handayani. 032119082. Penerapan Model Quantum Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Siswa Kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Model pembelajaran yaitu suatu desain yang menggambarkan proses rinci penciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Sampel penelitian ini VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama penerapan Model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII teruji kebenarannya. Hal ini terbukti diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 61,81 (cukup mampu), sedangkan hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 89,56 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 5,66 dan d.b. 50 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% = 1,67 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 2,40. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:52
Last Modified: 03 Mar 2025 06:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9127

Actions (login required)

View Item View Item