Nursyifa, Oktafiani (2020) Penerapan Media Photo Story Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Nursyifa Oktafiani_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nursyifa Oktafiani : Penerapan Media Photo Story Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel clusture random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media photo story dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 69,25 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam membuat teks cerita fantasi, sedangkan hasil tes akhir rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks cerita fantasi meningkat menjadi 79,25 dengan taraf kemampuan siswa mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,38 dan db = 66 dengan tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 serta tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi 1,672,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita fantasi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada proses menulis 18 siswa atau 53% kesulitan menuangkan ide dalam menulis teks cerita fantasi. Siswa pun kesulitan dalam menentukan rangkaian cerita sebanyak 25 siswa beranggapan sulit atau 74%, dan 59% siswa merasa kesulitan dalam menentukan struktur menulis teks cerita fantasi. Kendala terlihat ketika 22 siswa atau 65% siswa memiliki kesulitan dalam mengembangkan kembali menulis teks cerita fantasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:50 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |