Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari

Akbar, Maulana (2019) Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Akbar Maulana_compressed.pdf

Download (911kB)

Abstract

Akbar Maulana: Penerapan Pendekatan Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, dan Extend) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan pendekatan ICARE dalam peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks narasi serta, mengetahui kendala yang dihadapi oleh peserta didik dalam menulis sebuah teks narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tamansari. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu Pendekatan pembelajaran berbasis ICARE dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai prates kelas eksperimen, yaitu 42,5 yang berada pada tingkat penguasaan kurang baik. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen, yaitu 74,3 yang berada pada tingkat penguasaan cukup. Nilai rata-rata ini diperoleh berdasarkan pengamatan hasil observasi di lapangan pada soal-soal prates dan postes mengenai pengetahuan dan keterampilan menulis teks narasi yang telah diberikan. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 3,5 dan d.b. = 68 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b. = 68 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,01 = 2,39 dan harga to 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu terdapat kendala yang dihadapi oleh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tamansari dalam membuat teks narasi. Bedasarkan hasil angket, 10 siswa dengan presentase 27% menjawab tidak terlalu sering membuat teks narasi. Lalu, 5 siswa dengan presentase 14% menjawab tidak mudah dalam menyusun ide pokok teks narasi. Selain itu, 11 siswa dengan persentase 30% berpendapat bahwa tidak mengenal pendekatan pembelajaran ICARE sebelumnya, 7 siswa dengan persentase 19% berpendapat pembelajaran menggunakan pendekatan ICARE tidak membantu siswa lebih mudah dalam membuat sebuah teks cerita, dan 7 siswa dengan persentase 19% berpendapat tidak merasakan perbedaan dari langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan dengan pembelajaran sebelumnya. Kata kunci: Keterampilan menulis teks narasi, Pendekatan pembelajaran ICARE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Mar 2025 07:51
Last Modified: 04 Mar 2025 07:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9152

Actions (login required)

View Item View Item