Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor

Ardiansyah, Ardiansyah (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
ARDI_compressed.pdf

Download (750kB)

Abstract

Ardiansyah: Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Telekomedia Kota Bogor serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Sampel penelitian ini yaitu kelas X Keperawatan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 68 cukup mampu, dalam keterampilan menulis puisi, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 86 sangat mampu. Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh data harga t0= 2,73 dan d.b. = 60 hasilnya 1,67 < 2,73 > 2,39 dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor. Hipotesis kedua yaitu, terdapat berbagai kendala yang dialami siswa kelas X SMK Telekomedika Kota Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan model pembelajaran probing prompting learning. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket. Terdapat 20 siswa atau 65% yang mengalami kendala dalam menulis puisi. Kemudian 18 siswa atau 58% mengalami kendala menentukan suasana pada saat menulis puisi. Ada pula 20 siswa atau 65% mengalami kendala menentukan makna pada saat menulis puisi serta 22 siswa atau 71% mengalami kendala menentukan diksi pada saat menulis puisi. Dengan demikian model probing prompting learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi meskipun siswa masih mengalami kendala dalam menulis puisi, pemilihan suasana, pemilihan makna, dan pemilihan diksi dalam menulis puisi. Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model pembelajaran probing prompting learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:12
Last Modified: 05 Mar 2025 04:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item View Item