Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.

Ahmad, Rizki Fathan (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
AHMAD RIZKI FATHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Rizki Fathan. 032119089. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Media pembelajaran adalah sebuah sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan minat peserta didik selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran aplikasi LINE dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (angket dan observasi). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Hipotesis pertama yaitu media pembelajaran aplikasi LINE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 56,47 (kurang berhasil), sedangkan pada hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 86,72 (sangat berhasil). Sementara pada data pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata 56,16 (kurang berhasil) dan hasil data posttest kelas kontrol meningkat dengan nilai rata-rata 77,93 (berhasil). Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rumus uji-t, diperoleh thitung=5,40 dan db=46, diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5%=1.67 dan ttabel pada taraf signifikan 1%=2.41. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 1.672.41. Hipotesis kedua yaitu terdapat kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks ceramah dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi LINE pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya analisis angket yang menyatakan sejumlah 8 peserta didik (33%) mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah kebahasaan aspek “menggunakan kata teknis”; sejumlah 10 peserta didik (42%) mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah kebahasaan aspek “menggunakan kata kerja mental”; sejumlah 10 peserta didik (42%) mengalami kesulitan dalam menulis teks ceramah dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi LINE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor meskipun masih mengalami kendala. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Ceramah, Aplikasi LINE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:42
Last Modified: 06 Mar 2025 03:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item