Niken, Sulistiani (2019) Analisis Perubahan Morfofonemik dalam Afiks pada Teks Ulasan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
SKRIPSI NIKEN SULISTIANI_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Niken Sulistiani 2018: Analisis Perubahan Morfofonemik dalam Afiks pada Teks Ulasan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2018. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perubahan morfofonemik pada afiks dalam teks ulasan jenis perubahan morfofonemik yang muncul pada afiks dalam teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Perubahan morfofonemik pada prefiks morfem meN- yang difokuskan pada perubahan fonem dan penghilangan fonem. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan, yaitu teknik studi pustaka. Dari kumpulan data tersebut, peneliti menemukan 158 kata yang mengalami proses morfofonemik prefiks pada morfem meN-, yaitu me-, men-, mem-, meny- ¸dan meng-. Berdasarkan data yang ditemukan pada teks ulasan siswa tersebut, pada kata yang sama dan memiliki makna yang sama hanya dianalisis satu kata. Selanjutnya, peneliti mengklasifikasikannya ke dalam kelompok-kelompok, yaitu berdasarkan proses morfofonemik. Bahwa hasil analisis proses morfofonemik morfem meN- yang telah dikumpulkan, kemudian dapat diketahui persentasenya yaitu, proses morfofonemik pada morfem meN- bahwa yang paling banyak ditemukan, yaitu bentuk meN- berubah menjadi men- yang mengalami penghilangan fonem serta menunjukkan adanya kata kerja aktif dapat dilihat terdapat sebanyak 41 kata atau 25,95%. Posisi kedua yang mengalami proses morfofonemik yang paling banyak, yaitu pada morfem meN- yang berubah menjadi meng- yang mengalami perubahan fonem serta menunjukkan adanya kata kerja aktif, dapat dilihat terdapat sebanyak 32 kata atau 20,89%. Lalu, penggunaan proses morfofonemik yang sering digunakan serta berjumlah sama, yaitu pada morfem meN- yang berubah menjadi mem- yang mengalami perubahan fonem serta menunjukkan adanya penggunaan kata kerja aktif, itu dapat dilihat sebanyak 29 kata atau 18,35%, dan bentuk meN- berubah menjadi meny- yang termasuk ke dalam penghilangan fonem serta menunjukkan adanya penggunaan kata kerja aktif, dapat dilihat sebanyak 29 kata atau 18,35%. Posisi terakhir, yaitu proses morfofonemik pada prefiks morfem meN- berubah menjadi me- yang termasuk ke dalam jenis perubahan fonem serta menunjukkan adanya pengunaan kata kerja aktif, kata tersebut sebanyak 26 kata atau 16,46%. Pada jenis-jenis morfofonemik yang didapat hasilnya secara keseluruhan dari analisis tersebut dapat disimpulkan ialah pada proses penghilangan fonem, yaitu hilangnya fonem dengan disenyawakan dengan fonem lain, dapat dilihat sebanyak 96 kata atau 60,75% dan perubahan fonem, yaitu berubahnya suatu fonem, akibat adanya proses morfologi, dapat ditemukan sebanyak 67 kata atau 42,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan, pada proses morfofonemik dalam afiks pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor bahwa yang paling banyak ditemukan adalah morfem men-, yaitu sebanyak 41 kata atau 25,95%, dan jenis morfofonemik yang paling banyak ditemukan, yaitu penghilangan fonem ditemukan sebanyak 96 kata atau 60,75%. Kata yang dominan muncul pada teks ulasan siswa, yaitu kata melihat sebanyak 19 kata. Kata Kunci: Morfofonemik, afiks, dan teks ulasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |