Agus, Salim (2018) Penerapan Model Concept Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat (Pantun) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
AGUS SALIM.pdf Download (930kB) |
Abstract
Agus Salim “Penerapan Model Concept Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat (Pantun) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua Kabupaten Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2018. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua Bogor. Selain untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan menulis pantun, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap aktivitas siswa dalam belajar menulis pantun melalui model Concept Sentence. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbuka Cisarua Bogor, dengan sampel siswa kelas VII-7 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan nontes (angket dan observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis pantun dengan menggunakan model Concept Sentence mengalami peningkatan teruji kebenarannya dengan melihat hasil awal (prates) pada kelas eksperimen ada pada tingkatan kurang mampu dengan nilai rata-rata 48,18 pada interpretasi kurang berhasil, sedangkan hasil akhir (postes) di kelas yang sama keterampilan menulis pantun pada siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 69,24 pada interpretasi cukup berhasil. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 2,40 dan db= 64. Dari db 64 diperoleh harga t0,05= 1,66 dan harga t0,01= 2,38 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,662,38. Jadi, hasil analisis menunjukkan dengan penerapan model Concept Sentence merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun, dengan demikian terlihat bahwa model Concept Sentence dapat digunakan dalam menulis pantun. Berdasarkan perhitungan dan analisis data angket dapat diketahui bahwa kendala siswa saat proses pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu kendala dalam menentukan struktur pantun dan kendala dalam menerima model pembelajaran yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Keterampilan menulis, pantun, model Concept Sentence
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:07 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:07 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |