ul Pengaruh Endorsemen Selebriti Instagram terhadap Peningkatan Minat Beli Konsumen Somethinc (Studi Kasus pada Akun Instagram @somethincofficial)

Alfisyahrin, Auliya and Putro, Sasongko Soeharto and Satriani, Imani and Ningrum, Karina Pramita and Cahyaningrum, Qoute Nuraini (2024) ul Pengaruh Endorsemen Selebriti Instagram terhadap Peningkatan Minat Beli Konsumen Somethinc (Studi Kasus pada Akun Instagram @somethincofficial). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya.

[img] Text
AULIYA_ALFISYAHRIN_E_044120204_MANKOM - Auliya Alfisyahrin E.pdf

Download (4MB)

Abstract

AULIYA ALFISYAHRIN ELLYAWAN. 044120204. 2024. Pengaruh Endorsemen Selebriti Instagram terhadap Peningkatan Minat Beli Konsumen Somethinc (Studi Kasus pada Akun Instagram @somethincofficial). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Imani Satriani dan Karina Pramita Ningrum Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sekaligus menganalisis Pengaruh Endorsemen Selebriti Instagram terhadap Peningkatan Minat Beli Konsumen Somethinc (Studi Kasus pada Akun Instagram @somethincofficial). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial dengan 1,4jt pengikut. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis non-probability sampling dengan perolehan sampel sebanyak 94 responden. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dan mendapatkan 110 responden. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa penelitian terdahulu. Adapun pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan rumus pengolahan data dengan model regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang dibantu oleh program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil skor rataan, variabel Trustworthiness (Dapat Dipercaya) memperoleh nilai sebesar 3,60 dengan kategori Sangat Tinggi, variabel Expertise (Keahlian) memperoleh nilai sebesar 3,70 dengan kategori Sangat Tinggi, variabel Attractiveness (Daya Tarik) memperoleh nilai sebesar 3,69 dengan kategori Sangat Tinggi, variabel Respect (Dihargai) memperoleh nilai sebesar 3,60 dengan kategori Sangat Tinggi, variabel Similarity (Kesamaan) memperoleh nilai sebesar 3,49 dengan kategori Sangat Tinggi. Kemudian hasil skor rataan untuk variabel minat beli memperoleh nilai sebesar 3,62 dengan kategori Sangat Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity memiliki pengaruh terhadap minat beli dengan persentase sebesar 30% dan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh variabel lain seperti variabel brand ambassador, electronic word of mouth, direct marketing, dan lain-lain. Kata kunci: endorsemen selebriti instagram, instagram, konsumen Somethinc, minat beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:08
Last Modified: 06 Mar 2025 06:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item