Penggunaan Model Think Talk Write dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP PGRI Leuwiliang

Eka, Yubdi (2016) Penggunaan Model Think Talk Write dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP PGRI Leuwiliang. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Eka Yubdi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eka Yubdi 2016, Penggunaan Model Think Talk Write dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP PGRI Leuwiliang” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kendala model Thinki Talk Write dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP PGRI Leuwiliang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII mulai VII 2 sampai VII 3. Sampel yang diperoleh adalah VII 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan VII 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat hasil prates menulis pantun yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71, sedangkan pada hasil postes menulis pantun pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write mengalami peningkatan rata-rata 82, bukti diperkuat dengan perbedaan mean. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga thitung =3,01 dan d.b = 50. Dengan demikian nilai thitung jauh lebih besar dari pada ttabel karena nilai hitung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:03
Last Modified: 08 Mar 2025 06:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item