Putri, Lestari (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Inquiri (Inquiry Based Learning) Siswa Kelas X MAN 2 Kota Sukabumi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Putri Lestari.pdf Download (1MB) |
Abstract
Putri Lestari: “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Inquiri (Inquiry Based Learning) Siswa Kelas X MAN 2 Kota Sukabumi”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indoneisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keterampikan menulis teks anekdot siswa kelas X MAN 2 Kota Sukabumi serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks anekdot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Kota Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS-C sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan keterampil menulis teks anekdot teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 59,6 kemudian terjadi peningkatan nilai pada hasil postes, dengan memperoleh nilai ratarata 79,9. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 3,04 dan d.b.= 58. Dari db 58 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. nilai d.b.= 58 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga t0,05= 2,00 dan harga t0,01= 2,70 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 2,002,70. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks anekdot terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 17 siswa atau 57% mengalami kendala menentukan struktur teks anekdot. Selain itu, 17 atau 57% mengalami kendala menyusun struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot. Kemudian 19 siswa atau 63% mengalami kendala siswa dalam menulis teks anekdot. Kata kunci: Keterampilan menulis teks anekdot, model inquiry (Inquiry Based Learning)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:32 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:32 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |