Analisis kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Teks Pidato Siswa kelas IX Smp negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor

Ajeng, Sari Puspiani (2020) Analisis kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Teks Pidato Siswa kelas IX Smp negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI Ajeng Sari Puspiani 032116066_compressed.pdf

Download (966kB)

Abstract

Ajeng Sari Puspiani: Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Fokus permasalahan penelitian ini yaitu mengetahui kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang dilihat dari aspek kesepadanan, aspek keparalelan, aspek ketegasan, aspek kehematan, dan aspek kepaduan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi analisis, atau pengolahan data, dan membuat kesimpulan atau membuat laporan. Hasil penelitian ditemukan 75 kesalahan dari 32 teks pidato yang ditulis oleh siswa. Kesalahan kalimat efektif pada teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang adalah; dari aspek kesepadanan sebanyak 2 kutipan (3%), aspek keparalelan sebanyak 8 kutipan (11%), aspek ketegasan sebanyak 16 kutipan (21%), aspek kehematan sebanyak 30 kutipan (40%), dan aspek kepaduan sebanyak 19 kutipan (25%). Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang paling banyak dilihat dari aspek kehematan, dalam aspek kehematan banyak siswa yang mengulang kata dan menggunakan kata yang tidak perlu sehingga terjadi pemborosan kata, banyak juga siswa yang menjamakkan kata ulang. Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang dapat dijadikan bahan acuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:33
Last Modified: 08 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9228

Actions (login required)

View Item View Item