Mukhul, Bahari (2017) Penerapan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
MUKHUL BAHARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mukhul Bahari: Penerapan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMPN 3 Cibinong. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) untuk meningkatkan kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong, serta mengetahui kendala siswa saat menulis poster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) dapat meningkatkan kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 3 Cibinong, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 60,34, sedangkan hasil tes akhir (postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,51. Hasil tes awal (prates) di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,17, sedangkan pada tes akhir (postes) di kelas kontrol setelah diterapkan model example non example nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 70,28. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan menggunakan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually), yaitu nilai rata-rata 60,34 menjadi 74,51. Berdasarkan hasil penghitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga tₒ= 4,39, harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39 dengan demikian tₒ lebih besar dari tt dengan perbandingan 1,672,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis poster dengan model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually), terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis angket, terlihat mengalami kendala saat merumuskan pesan, Hal ini ditunjukkan dengan tabel 4.13 yaitu 11 siswa atau 31% mengalami kendala dalam merumuskan pesan. Tabel 4.15 menunjukan 15 siswa atau 43% mengalami kendala dalam memilih kata-kata yang menarik. Tabel 4.16 menunjukan 21 siswa atau 60% mengalami kendala dalam meembuat gambar yang menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) dapat meningkatkan kemampuan menulis poster meskipun pada saat menulis poster, siswa mengalami kendala
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:33 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:33 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |