Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Bogor

Nurul, Meutia Maftuhah (2017) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
NURUL MEUTHIA.pdf

Download (856kB)

Abstract

Nurul Meutia Maftuhah: Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Bogor serta mengetahui aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 10 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu ekperimen dengan menggunakan tes dan observasi. Hipotesis pertama yaitu Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 10 Bogor, teruji kebenarannya. Dengan melihat hasil tes awal (prates) keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada kelas ekperimen, nilai siswa berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 73, sedangkan pada hasil akhir (postes) dengan menerapkan model Problem Based Learning pada kelas eksperimen, terlihat kemampuan siswa mengalami peningkatan menjadi sangat baik dengan nilai rata-rata 89. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0= 3, dan d.b.= 67 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 2,39 hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks laporan hasil observasi terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa dalam menulis teks mengalami kendala yang dialami siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi adalah dalam menuangkan ide atau pikiran sebanyak 17 siswa atau 50%, kendala menuangkan isi gagasan sebanyak 20 siswa atau 59%, kendala pada saat memilih diksi sebanyak 16 atau 47%. Berdasarkan data tersebut, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:33
Last Modified: 08 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item