Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi

Siti, Nurcahya (2017) Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI CAHYA_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Nurcahya: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi dan kendala yang dialami siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI OTKP I sebagai kelas eksperimen dan XI OTKP II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata- rata 55,76 (kurang mampu) dalam menulis teks eksplanasi, sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dalam menulis teks eksplanasi meningkat dengan nilai rata-rata 78,96 (mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 4,41 dan d.b. 48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% = 2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 08 Mar 2025 06:33
Last Modified: 08 Mar 2025 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9231

Actions (login required)

View Item View Item