Siti, Nurhafidzatul Azka (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Teks Tanggapan Kelas VII SMP Kusuma Bangsa Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
SITI NURHAFIDZATUL AZKA_032120019_PBSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siti Nurhafidzatul Azka. 032120019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially pada Materi Teks Tanggapan Kelas VII SMP Kusuma Bangsa Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Ruyatul Hilal Mukhtar, M.Pd. Pengembangan media pembelajaran adalah pengembangan yang dilakukan pada media pembelajaran. Adapun tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan melihat efektivitas produk media pembelajaran interaktif menggunakan genially pada materi teks tanggapan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif menggunakan genially pada materi teks tanggapan kelas VII SMP Kusuma Bangsa Bogor. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan diantaranya, Analyse (analisis), Design (desain) Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan dengan uji coba terbatas pada siswa kelas VII-3 SMP Kusuma Bangsa Bogor. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara analisis kebutuhan guru dan penyebaran angket kebutuhan siswa, lembar validasi ahli, pretest-posttest, serta angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi tiga ahli, diperoleh hasil pada ahli media sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa mendapatkan hasil sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Layak”, dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 95%. Kemudian pada hasil pretest dan posttest diperoleh hasil peningkatan yang signifikan yaitu mendapatkan skor 52 pada pelaksanaan pretest dan skor 87 pada pelaksanaan posttest. Hasil respon guru mendapatkan skor yang cukup tinggi sebesar 95%, kemudian pada angket respon siswa memperoleh hasil sebesar 85%. Keduanya memenuhi kriteria “Sangat Efektif”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan genially pada materi teks tanggapan kelas VII layak dan efektif, serta dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Genially, Media Pembelajaran, model ADDIE, Teks Tanggapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 06:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 06:36 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |