Hubungan Konsep Diri Dengan Kedisiplinan Siswa: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Semester genap tahun pelajaran 2020/2021

Andina, Andina (2021) Hubungan Konsep Diri Dengan Kedisiplinan Siswa: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada siswa kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
ANDINA 037116165.pdf

Download (1MB)

Abstract

Andina. 037116165. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa pada siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Polisi 4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi, subyek penelitian ini berjumlah 110 siswa kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Polisi 4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 52 peserta didi yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk Konsep Diri dan Kedisiplinan Siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,0769 < Ltabel = 0,1228 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 55,0397 < Ftabel= 4,03 yang bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederha dengan Ŷ = 29,42 + 0,70 X artinya setiap peningkatan satu unit Konsep Diri maka akan meningkatkan kedisiplinan siswa sebesar 0,70 unit. Pengujuan korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,72 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel yang sangat kuat. Persyaratan uji hipotesis statistika; H0 : ρy = 0 (tidak terdapat hubungan Konsep Diri (X) dengan Kedisiplinan Siswa (Y)); Ha : ρy > 0 terdapat hubungan Konsep Diri (X) dengan Kedisiplinan Siswa (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa pada kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:29
Last Modified: 11 Mar 2025 06:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item