Maulidea, Azzahra and Satriani, Imani and Sariswara, Valianty and Siregar, Mariana Rista Ananda and Firdaus, Dwi Rini Sovia (2024) Analisis Marketing Public Relations UMKM Central Tanah Abang dalam Meningkatkan Daya Saing Terhadap Tiktokshop. Skripsi thesis, Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya.
![]() |
Text
Maulidea Azzahra_044120320 - Maulidea Azzahra.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maulidea Azzahra. 044120320. 2024. Analisis Marketing Public Relations UMKM Central Tanah Abang Dalam Meningkatkan Daya Saing Terhadap Tiktokshop. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Valianty Sariswara dan Mariana R.A. Siregar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi Marketing Public Relations pada UMKM Central Tanah Abang dalam Meningkatkan Daya Saing Terhadap TiktokShop. Era digital telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis, termasuk dalam strategi pemasaran. Tiktokshop, platform e-commerce menjadi salah satu platform yang menjadi pesaing bagi Central Tanah Abang. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Pengelola Central Tanah Abang sebagai key informan penelitian, Pelanggan Central Tanah Abang dan Pedagang di Central Tanah sebagai Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Central Tanah Abang menggunakan tiga strategi Marketing Public Relations (MPR) utama, yaitu Strategy pull diimplementasikan melalui media sosial dan platform online. Central Tanah Abang memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok untuk mengunggah video, melakukan siaran langsung yang menampilkan suasana dan keramaian pasar. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dan perhatian pelanggan. Strategy Push diterapkan dengan berkolaborasi dengan konten kreator @hitamatir dan acara TV Asal Usil guna dapat memperluas jangkauan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk berbelanja di Central Tanah Abang. Strategy Pass bertujuan untuk membangun opini positif atau citra positif di hadapan publik. Strategi ini dapat mempengaruhi opini negatif yang muncul akibat persaingan dengan e-commerce Tiktokshop. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah dengan 3 strategi MPR yang tepat dapat membantu Central Tanah Abang dalam Meningkatkan daya saing dimana Central Tanah Abang mampu bersaing dengan platform e-commerce Tiktokshop, menjangkau target audience yang lebih luas termasuk generasi muda yang aktif di media sosial. kata kunci: daya saing, hubungan masyarakat, media sosial, perdagangan,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:32 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |