Rini, Agustin (2023) MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 1 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
![]() |
Text
Rini Agustin.pdf Download (689kB) |
Abstract
Rini Agustin, 037119087. Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan dalam Pembelajara Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas V SDN Bantarkemang 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V berinisial R, orang tua siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami oleh peserta didik tidak dipengaruh oleh kondisi fisik dan keadaan sensori peserta didik, namun dipengaruhi oleh lingkungan peserta didik khususnya keluarga. Sehingga cara untuk mengatasi kesulitan membaca yang dialami peserta didik yaitu dengan terus diberikan bimbingan atau pembelajaran khusus oleh guru dengan mengajarkan membaca tambahan sepulang sekolah. Dengan adanya pembelajaran khusus tersebut, peserta didik mampu membaca meskipun terbata-terbata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:34 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:34 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |