Azzahra, Nabila and Putro, Sasongko Soeharto and Sariswara, Valianty and Siregar, Mariana Rista Ananda and Nugraha, Yogaprasta Adi (2024) Strategi Marketing Public Relations Kompas.com dalam Mempertahankan Brand Positioning di Tengah Persaingan Media (Studi Kasus Kampanye Jernih Berkomentar, Jernih Berbagi, dan Jernih Memilih). Skripsi thesis, Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya.
![]() |
Text
Nabila Azzahra_044120019 - Nabila Azzahra.pdf Download (2MB) |
Abstract
NABILA AZZAHRA, 044120019, 2024. Strategi Marketing Public Relations Kompas.com dalam Mempertahankan Brand Positioning di Tengah Persaingan Media (Studi Kasus Kampanye Jernih Berkomentar, Jernih Berbagi, dan Jernih Memilih), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan: Valianty Sariswara dan Mariana R.A Siregar. Persaingan media daring semakin kompetitif hal ini dipicu meningkatnya konsumsi berita daring yang menyebabkan kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia. Meningkatnya media berita daring di Indonesia diakibatkan pandemi yang membuat pergeseran gap dengan media digital yang terasa sampai saat ini, karena adanya pembatasan sosial yang membuat masyarakat harus tetap di rumah sehingga segala informasi di akses menggunakan internet. Kondisi ini berpengaruh pada media berita daring yang harus bersaing dengan kompetitor untuk mempertahankan brand positioning. Media berita daring berlomba menarik perhatian dengan berita dan konten-konten kekinian, sehingga menciptakan citra merek juga brand positioning yang baik. Marketing Public Relations (Marketing PR) adalah bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan sebagai penghubung perusahaan dengan konsumennya serta masyarakat luas melalui program-program yang meyakinkan, dalam memperlihatkan bahwa perusahaan dan produknya sesuai dengan minat konsumen. Oleh karena itu, peran Marketing PR dalam membuat strategi untuk mempertahankan brand positioning sangat penting. Kompas.com sebagai salah satu portal berita yang memiliki brand positioning sebagai media berita daring yang relevan dan dapat diandalkan juga harus memiliki strategi dalam mempertahankan brand positioning di tengah persaingan media. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Marketing PR yang digunakan oleh Kompas.com untuk mempertahankan dan meningkatkan brand positioning di tengah persaingan media yang ketat. Dengan metode kualitatif melalui wawancara, analisis konten, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan Three Ways Strategy, yakni: Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy. Hasil penelitian menunjukan strategi Marketing PR Kompas.com dengan membuat activation dan campaign menggunakan three ways strategy berhasil mempertahankan brand positioning Kompas.com sebagai salah satu portal berita terkemuka di Indonesia, tetap relevan, dan diandalkan dalam industri media yang kompetitif. Kata Kunci: Brand Positioning, Marketing Public Relations, Portal Berita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:32 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:32 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |