Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi

Qonita, Shabrina (2024) Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
QONITA SHABRINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qonita Shabrina. 036119019. Pengembangan E-Modul Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd. dan Rifki Risma Munandar, M.Pd, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran E-Modul untuk kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia. Lokasi penelitian ini dilakukan di salah satu SMAIT yang berada di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan Januari 2023 hingga Juni 2024. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 44 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 1) dan kelas kontrol (XI IPA 2). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar validasi soal pilihan ganda, serta lembar angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil uji-t menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan e- modul pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan penguasaan konsep Biologi. Nilai post-test peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai post- test pada kelas kontrol. Kelas kontrol kemampuan penguasaan konsep biologi rata-rata pre-test dan post-test didapatkan nilai 66,67 dan nilai 79,49, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata pre-test dan post-test sebesar 82,05 dan nilai 97,44. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul peserta didik kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi. Kata kunci: Biologi, E-Modul, Penguasaan Konsep Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Mar 2025 06:34
Last Modified: 12 Mar 2025 06:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item