AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nararya, Fahrieza (2025) AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS Fahrieza Nararya1) , Sufiatul Maryana2) , Erniyati3) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kota Bogor, Jawa Barat 16129 Email: 1 fachriezanararya@gmail.com, 2 , 3neni_erniyati@unpak.ac.id Abstrak Seiring dengan perkembangan teknologi, media promosi sekolah yang selama ini hanya menggunakan brosur dianggap kurang efektif dalam memberikan informasi yang mendetail mengenai fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sebagai media promosi penerimaan siswa baru di SMAN 1 Parakansalak. Aplikasi ini memungkinkan calon siswa untuk mendapatkan pengalaman interaktif dalam mengenal lingkungan sekolah secara lebih nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik berdasarkan uji coba struktural, fungsional, validasi cahaya, posisi AR, dan spesifikasi perangkat. Pengujian beta menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 70,625, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dan layak digunakan sebagai media promosi sekolah. Dengan adanya aplikasi berbasis AR dan VR ini, sekolah dapat meningkatkan daya tarik promosi bagi calon siswa dengan memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan informatif. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan agar kedua aplikasi dapat diintegrasikan menjadi satu serta menambahkan fitur interaksi yang lebih kompleks dalam VR. Kata Kunci: augmented1 , virtual reality2 , media promosi3 , siswa baru4 , sekolah menengah atas5

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Farmasi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 30 May 2025 09:57
Last Modified: 30 May 2025 09:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item