Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017

Ria, Rahmawati (2016) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Ria Rahmawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ria Rahmawati, NPM. 037112095. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi tumbuhan hijau pada siswa kelas V melalui model pembelajaran discovery learning. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 kelas V yang terdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 62,9 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 70%, nilai rata-rata hasil belajar siklus kedua memperoleh nilai 70,1 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5%. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 74,3% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 94%. Begitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 71%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dan hasil observasi keterampilan siswapun meningkat pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 64,6 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 84,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Selain itu model pembelajaran Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas serta meningkatkan sikap dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:21
Last Modified: 17 Jun 2025 03:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item