Pengaruh Litersi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi : Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukaharja 01 Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Kartini, Dewi Apriliani (2024) Pengaruh Litersi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi : Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukaharja 01 Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_Kartini Dewi Apriliani_037118008_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kartini Dewi Apriliani. 037118008. Pengaruh Literasi Membaca terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dam Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2024. Penggunaan ini menggunakan metide kuantitatif dengan pedekatan kausal. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sukaharja 01 Kabupaten Bogor pada semester ganjil tahu ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara literasi dengan membaca (X) terhadap kemampuan menulis Narasi (Y) Dibuktikan dengan hasil persamaan regresi Y=38.28+0.39 (X). Maka artinya pada tiap kenaikan dan penurunan kemampuan menulis teks narasi dipengaruhi oleh tingkat literasi membaca sebesar 89,6% sedangkan 5,2% berasal dari faktor lain, serta hasil pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima karena tHitung 21,10 > Ttabel 2,000. Berlandaskan hasil pengolahan data serta pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup besar anatara literasi membaca terhadap kemampuan menulis teks narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:34
Last Modified: 15 Jul 2025 02:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item