EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @OFFICIAL_UNPAK SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN 2020)

Stiawan, Addelin Putri and Puspanidra, Tiara and Aminah, Ratih Siti and Valdiani, Dini (2024) EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @OFFICIAL_UNPAK SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS PAKUAN 2020). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
ADDELIN PUTRI STIAWAN 044120166 - Haniyyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ADDELIN PUTRI STIAWAN, 044120166, 2024. Efektivitas Akun Instagram @official_unpak sebagai Media Penyampaian Informasi Kegiatan Akademik (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Pakuan 2020). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Tiara Puspanidra dan Ratih Siti Aminah. Perkembangan zaman dengan perubahan modern seperti saat ini disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang memungkinkan semua dilakukan secara instan dan praktis, serba mekanik, dan otomatis. Kehidupan manusia sering mengalami kemajuan seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Dengan bantuan teknologi internet, masyarakat dapat lebih mudah berinteraksi satu sama lain. Fenomena ini menghasilkan jenis interaksi sosial baru yang berbeda dari yang ada sebelumnya. Kehadiran Instagram memudahkan para mahasiswa dalam mencari dan mendapatkan informasi seputar kegiatan akademik di Universitas Pakuan. Akun Instagram @official_unpak merupakan akun Instagram milik Universitas Pakuan yang dikelola langsung oleh pihak Universitas Pakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari akun Instagram @official_unpak sebagai media penyampaian informasi kegiatan akademik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan satu variable penelitian yaitu efektivitas komunikasi. ⁠Teori yang digunakan ialah teori Efektivitas Komunikasi menurut Hardjana yang memiliki enam indikator, yaitu: penerima pesan, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, dan ketepatan waktu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, studi pustaka, dan juga wawancara beberapa orang responden yang mengisi kuesioner. Hasil skor indikator efektivitas komunikasi sangat efektif dengan rentang kriteria sangat tinggi yaitu >0.75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan media sosial Instagram @official_unpak sangat efektif. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel yang menjadi responden, didapatkan angka efektivitas sebesar 89% yang termasuk dalam sangat efektif menurut Presentase Efektivitas Komunikasi menurut Kriyanto. Hasil uji ttest one sample sebesar -4.482 yang dimutlakkan menurut Fatimah dan Nuryaningsih dalam Buku Ajar Statiska menjadi 4.482 dengan derajat kebebebasan 100 - 1 = 99 dan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0.05%. Menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan, t hitung lebih besar daripada t tabel sebesar 4.482>1.66 maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:34
Last Modified: 15 Jul 2025 02:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item