%I Universitas Pakuan %D 2019 %L eprintsunpak1246 %A Rini Rusdiani %A Gde Ngurah Purnama Jaya %A Umar Mansyur %X Pengembangan pariwisata di Kota Jakarta saat ini perlu adanya prasarana wisata yang memadai sebagai pelengkap daerah tujuan wisata yang diperlukan untuk melayani kebutuhan wisatawan dalam menikmati perjalanan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sarana dan prasarana Bus Transjakarta Wisata, menganalisis sisem operasi Bus Transjakarta Wisata dan menganalisis keterkaitan pelayanan Bus Transjakarta Wisata terhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini terdiri dari metode kualitatif yaitu analisis sarana dan prasarana, metode kuantitatif yaitu mengukur load factor, frekuensi, headway, cycle time, dan metode korelasi untuk mengetahui pengaruh hubungan keterkaitan pelayanan Bus Transjakarta Wisata terhadap kepuasan wisatawan. Hasil penelitian ini mengidentifikasi perlunya peningkatan pada sarana dan prasana, sistem operasi bus transjakarta dan kepuasan pelayanan bus transjakarta wisata. Disarankan perlu adanya pemiliharaan dan optimalisasi pada beberapa sarana prasana bus, sistem operasi dan keterkaitan pelayanan agar kepuasan wisatawan dapat terpenuhi. %T Kepuasan Wisatawan Terhadap Pelayanan Bus Transjakarta Wisata di Kota Jakarta (Stusi Kasus: Koridor BW1 History Of Jakarta)