%A Lina Budiarti %A Ike Yulia Wiendarlina %A Nhadira Nhestricia %I Universitas Pakuan %D 2022 %X ABSTRAK Pelayanan informasi obat bagian dari pelayanan farmasi klinik yang merupakan hal penting dalam sektor pelayanan kesehatan masyarakat, karena obat dapat menimbulkan hal negatif apabila penggunaannya tidak rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pelayanan informasi obat terhadap pemahaman dan kepuasan konsumen apotek. Penelitian ini merupakan penelitian Non-Eksperimental yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dalam bentuk google form dengan jumlah responden 160 orang konsumen. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Apotek Sekarwangi, Mirahna, Assyifa, Bahagia, dan Zayan Farma. Hasil penelitian menunjukkan skor pelayanan informasi obat yang diberikan oleh apoteker adalah 63 yang berarti pelayanan informasi obat sudah diberikan dengan kualitas baik. Pemahaman responden setelah diberikan pelayanan informasi obat untuk kelompok responden yang membeli obat dengan resep adalah 63,9% dan kelompok responden yang membeli obat non resep adalah 57,4%. Kemudian untuk tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di apotek adalah dalam kategori puas dengan skor rata-rata 63,4%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan informasi obat dengan pemahaman dan kepuasan konsumen. Kata Kunci : Pelayanan Informasi Obat, Pemahaman, Kepuasan, Apotek, Sukabumi. %L eprintsunpak1262 %T Analisis Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Pemahaman dan Kepuasan Konsumen Apotek Wilayah Utara Kabupaten Sukabumi Tahun 2021