TY - THES N2 - Suatu perusahaan dalam kegiatan komunikasi eksternal memiliki peran tertentu untuk melakukannya, yaitu humas salah satunya. Peranan humas sangat dibutuhkan untuk membetuk citra yang baik serta membangun opini publik sebuah perusahaan. Ini semua dimaksudkan untuk mengantisipasi persaingan antara perusahaan-perusahaan yang semakin terbuka. Dewasa ini, kegiatan humas tidak hanya terfokus pada ruang lingkup publik internal dan eksternal saja akan tetapi telah cenderung mendukung program pemasaran sehingga kegiatan humas telah menjadi bagian dalam program pemasaran. Tujuan humas ini bukan hanya mendorong terciptanya pengertian antara perusahaan dan publik sasaran, akan tetapi humas juga merupakan salah satu fungsi yang penting dalam mendukung kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan humas Bogor Valley Hotel. Penelitian ini menggunakan konsep humas pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler pada tahun 2009 serta menggunakan metode penelitian pengumpulan data wawancara, foto, satu data kunci informan dan tiga data informan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi pribadi dan resmi, foto, rekaman dan informasi percakapan yang merupakan sumber data kualitatif. A1 - Hardianita, Imaya A1 - Rusfien, Ismail Taufik A1 - NUGROHO, DAVID RIZAR Y1 - 2019/06/21/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/1326/ PB - Universitas Pakuan TI - ANALISIS HUMAS PEMASARAN DI BOGOR VALLEY HOTEL JALAN K.H. SHOLEH ISKANDAR NO. 05, KOTA BOGOR 16118 ID - eprintsunpak1326 AV - public M1 - Skripsi ER -