%0 Thesis %9 Skripsi %A Hakim, Ade Rahman %A Setyaningsih, Sri %A Suriansyah, Mohamad Iqbal %A Universitas Pakuan, %A Fakultas MIPA, %A Ilmu Komputer, %B Ilmu Komputer %D 2019 %F eprintsunpak:1338 %I Universitas Pakuan %T AUGMENTED REALITY (AR) VISUALISASI TEKNIK PENULISAN HURUF HIRAGANA MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID %U http://eprints.unpak.ac.id/1338/ %X ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat menjadikan banyaknya penemuan-penemuan yang semakin canggih dan mutakhir. Sama halnya dengan dunia pendidikan yang turut ikut serta dalam perubahan zaman. Pada era ini sudah banyak sekali pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi atau yang biasa disebut digital learning. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Augmented Reality (AR) Visualisasi Teknik Penulisan Huruf Hiragana Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi ini telah melalui tahapan proses ujicoba diantaranya Uji coba struktural untuk mengetahui apakah program yang sudah dibuat sesuai dengan rancangan, Uji coba fungsional untuk mengetahui sistem telah berfungsi dengan baik hasil program sudah berfungsi dengan baik, Uji Coba Validasi untuk mengetahui keakuratan hasil yang telah dimasukan aplikasi. Kata Kunci : Digital learning, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle.