@phdthesis{eprintsunpak1340, school = {Universitas Pakuan}, author = {Boina Kristin Simanjuntak and Rita Istiana and Resy A Ghani}, title = {HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN SISWA DENGAN PERILAKU SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Koresional pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 01 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021}, month = {July}, year = {2021}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/1340/}, abstract = {ABSTRAK Boina Kristin Simanjuntak, 037117197. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Siswa Dengan Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaf dengan Pendekatan Korelasi pada pengetahuan lingkungan siswa sebagai variabel bebas dan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan siswa dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah kelas IVB, VB, dan VIA SD Negeri Citaringgul 01 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 114 dengan sampel sebanyak 88 responden. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan soal tes pilihan ganda untuk variabel Pengetahuan lingkungan siswa dan angket kuisioner untuk variabel perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan pengetahuan lingkungan siswa dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,334 dan dalam pola {\^Y} = 69,36 + 0,49x, sedangkan dengan koefisien determinan sebesar 11,2\%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pengetahuan lingkungan siswa dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan menghasilkan susatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk regresi yaitu {\^Y} = 69,36 + 0,49x, yang berarti kenaikan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sebesar 0,49 unit. Kesimpulan terdapat hubungan yang rendah antara pengetahuan lingkungan siswa dengan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kata Kunci : Pengetahuan Lingkungan Siswa, Perilaku Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan.} }