%D 2021 %T PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi ini menggunakan Pendekatan Penelitian Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 %L eprintsunpak1435 %X ABSTRAK Desy Puspitasari. 037117185. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 66 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,382 dalam pola yang berarti tingkat pengaruh dalam penelitian ini tergolong rendah. Besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika ditujukkan pada koefisien determinasi (r2) 0,146 atau 14,6% dan sisanya 85,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2,548 > ttabel 2,101 dengan taraf nyata 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika %A Desy Puspitasari %A Griet Helena Laihad %A Yuli Mulyawati %I Universitas Pakuan