TY - THES N2 - Dinny Nurrizkiyah. NPM 022114051. Program Studi Akuntansi. Mata kuliah Konsentrasi Akuntansi Perpajakan. Pengaruh Agresivitas Pajak terhadap Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Di bawah bimbingan : Ketut Sunarta dan Haqi Fadillah. Aktivitas perusahaan pada dasarnya tidak terlepas dari kontrak sosial dengan masyarakat. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial serta lingkungan dimana perusahaan itu berdiri. Perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban?kewajiban kepada pemegang saham atau shareholder tapi juga kewajiban terhadap pihak?pihak lain yang berkepentingan (stakeholders). Perusahaan masih memiliki tanggung jawab lain sebagai salah satu wajib pajak badan untuk membayar pajak. Namun salah satu tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan kesejahteraan pemilik perusahaan dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui pegaruh Agresivitas Pajak terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. (2) untuk mengetahui pengaruh Agresivitas pajak terhadap Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode explanatory survey. Pengujian data menggunakan program SPSS versi 23 dengan menggunakan uji hipotesis dan menggunakan Analisis Regresi Moderat (MRA). Tindakan Agresivitas Pajak yang diwakili dengan Effective Tax Rates atau ETR yang mengukur tingkat besaran tarif pajak yang ditanggung oleh perusahaan, kemudian pengaruhnya terhadap pengungkapan laporan kegiatan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakatnya. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa secara parsial Agresivitas Pajak mempengaruhi pengungkapan CSR dan Profitabilitas memoderasi hubungan Agresivitas Pajak dengan CSR. Sedangkan dilihat secara simultan bahwa bersama sama Agresivitas Pajak dan ROA memiliki pengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Perusahaan yang memiliki tingkat Agresivitas pajak yang tinggi dengan tujuan untuk menigkatkan profitabilitas perusahaan, maka akan mengungkapkan pelaporan CSR lebih besar untuk tetap mendapat legitimasi dari masyarakat. Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabiltas A1 - Nurrizkiyah, Dinny A1 - Sunarta, Ketut A1 - Fadillah, Haqi Y1 - 2018/05/19/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/1540/ PB - Universitas Pakuan EP - 73 TI - Pengaruh Agresivitas Pajak terhadap Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016 AV - restricted ID - eprintsunpak1540 M1 - Skripsi ER -