%0 Thesis %9 Skripsi %A Ardiansyah, Bobby %A Haq, Akhsanul %A Rahmi, Amelia %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Akuntansi, %B Program Studi Akuntansi %D 2019 %F eprintsunpak:1612 %I Universitas Pakuan %P 92 %T Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Penetapan Harga Jual dan Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi pada Kedai D’Hook Tahun 2017 %U http://eprints.unpak.ac.id/1612/ %X Bobby Ardiansyah. 0221 14 094. Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Penetapan Harga Jual dan Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi pada Kedai D’Hook Tahun 2017. Di bawah bimbingan: H. Akhsanul Haq dan Amelia Rahmi. 2019. Kedai D’Hook merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang manufaktur dalam pembuatan makanan serta penjualan makanan. Kedai D’Hook dalam menentukan harga jual masih tergolong tradisional yang menghitung harga pokok produksi dengan menjumlahkan seluruh cost pemakaian bahan baku dan menghitung biaya tenaga kerja serta biaya overhead pabrik yang diasumsikan dalam perkiraan dalam biayanya dalam skala rasio yang di hitung dari pemakaian bahan baku. Kedai D’Hook pernah mengalamin penjualan produk yang sangat minim di karenakan oleh harga jual yang terlalu mahal tanpa memperhatikan cost yang dibebankan dalam setiap produknya. Berdasarkan penjelasan di atas menyimpulkan bahwa penerapan target costing dapat membantu Kedai D’Hook dalam upaya meningkatkan efisiensi biaya produksi dan meningkatkan harga jual dengan harga pasarnya. Penerapan target costing disesuaikan dengan tujuan Kedai D’Hook agar peningkatkan efisiensi biaya produksi dapat tercatat dengan laba yang sudah ditentukan pada harga jualnya. yang berlokasi di Jl. RE Martadinata No. 33, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.. Penelitian ini Deskriptif Eksploratif dengan metode penelitian studi kasus mengenai . Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Penetapan Harga Jual dan Peningkatan Efisiensi Biaya Produksi pada Kedai D’Hook Tahun 2017dengan unit analisis individu usaha dalam bidang Food & Beverage penyediaan makanan dan minuman yang di produksi sendiri. Jenis data kualitatit, kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini akan dibuktikan dengan menggunakan metode analisis adalah suatu proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk di baca dan diinterprestasikan dalam menganalisis permasalahan yang di angkat dan untuk melihat hubungan antara variable-variable yang terkait, dalam penelitian ini penulisan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (non statistik), yaitu metode yang menggambarkan keadaan objek penelitian dengan mengumpulkan data relevan yang tersedia, kemudian di susun, dipelajari dan dianalisis lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan tidak berhubungan dengan alat statistik, namum menggunakan kerangka teori maupun rumus-rumus sebagai analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Di dalam menerapkan metode target costing ini pada Kedai D’Hook sendiri yang dapat menentukan harga jual memprediksi biaya sebesar 70% dari harga jual, untuk produk Fettuccine Carbonara dan Green Tea Ice Blend memiliki harga jual awal sebesar Rp 28.000 dan Rp 18.000 serta biaya sebesar Rp 19.187 dan Rp 13.820 dengan persentase 69% dan 77%. Setelah menggunakan target costing untuk produk Fettuccine Carbonara dan Green Tea Ice Blend memiliki memilikit target price berubah menjadi Rp 23.000 dan Rp 15.000 serta target cost Rp 19.600 dan Rp 8.400 dengan persentase 70% untuk kedua produk Fettuccine Carbonara dan produk Green Tea Ice Blend tersebut. Berdasarkan hasil analisis bahwa penerapan target costing dapat membantu Kedai D’Hook dalam upaya meningkatkan efisiensi biaya produksi dan meningkatkan harga jual dengan harga pasarnya. Penerapan target costing disesuaikan dengan tujuan Kedai D’Hook agar peningkatkan efisiensi biaya produksi dapat tercatat dengan laba yang sudah ditentukan pada harga jualnya. Kata Kunci : Target Costing, Harga Jual dan Efisiensi Biaya Produksi