relation: http://eprints.unpak.ac.id/1753/ title: engaruh Ageny Cost Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016 creator: Azijah, Siti Nur creator: Taufiq, Ahmad Burhanudin creator: Rahmi, Amelia subject: Akuntansi keuangan subject: Akuntansi description: Siti Nur Azijah. 022114266. Pengaruh Ageny Cost Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Di bawah bimbingan Ahmad Burhanudin Taufiq dan Amelia Rahmi 2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh agency cost terhadap kebijakan dividen (dividend payout ratio). Dalam penelitian ini agency cost diproksikan dengan collateralizable assets dan firm size. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh agency cost terhadap kebijakan dividen (dividend payout ratio) di dalam suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Perusahaan sampel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan sebanyak 6 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Sebelum di uji dengan regresi linier berganda terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linier berganda. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah DPR = 18.40 + 0,574 COLLA + 5,075 SIZE. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel collateraizable assets (COLLA) berpengaruh terhadap kebijakan dividen (DPR), variabel firm size (SIZE) tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen (DPR). Secara simultan variabel collateralizable assets (COLLA) dan firm size (SIZE) tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen (DPR). Hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari model ini sebesar 14,6% sedangkan sisanya 85,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang belum dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: agency cost, collateralizabe assets, firm size, dividend payout ratio date: 2018-04-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/1753/1/Skripsi%20Siti%20Nur%20Azijah%20pdf.pdf identifier: Azijah, Siti Nur and Taufiq, Ahmad Burhanudin and Rahmi, Amelia (2018) engaruh Ageny Cost Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.