eprintid: 176 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/01/76 datestamp: 2022-08-24 13:14:09 lastmod: 2022-08-24 13:14:09 status_changed: 2022-08-24 13:14:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shakia, Amelia Novianti creators_name: Sumardi, Sumardi creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037117030 creators_NPM: 0006065201 creators_NPM: 11011047559 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, Sumardi contributors_name: Punamasari, Ratih contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 11011047559 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: FKIP corp_creators: PGSD title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Kausal pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Semester Genap ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Amelia Novianti Shakia. 037117030. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode studi kausal pada kemandirian belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 104 peserta didik dengan sampel 51 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel kemandirian belajar dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Hal ini menyatakan berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisiensi korelasi (rxy) sebesar 0,96 sedangkan koefisiensi determinasinya sebesar 92,16 %. Hal ini ditunjukan dari persamaan regresi Ŷ= -42.03+(1,16X) yang berarti setiap peningkatan satu unit variabel kemandirian belajar akan menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 1,16 unit. Diperoleh thitung = 23,82 dengan ttabel (a=0,05) = 1,96 dengan demikian thitung > ttabel (a= 0,05) = 23,82 > 1,96, yang berarti koefisien jalur Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Kemandirian Belajar (X) dengan Hasil Belajar Matematika (Y). Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika. date: 2022-08-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shakia, Amelia Novianti and Sumardi, Sumardi and Purnamasari, Ratih (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Kausal pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Palabuhanratu Semester Genap. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/176/1/2021%20PGSD%20Amelia%20Novianti.pdf