eprintid: 1843 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/18/43 datestamp: 2022-08-29 13:28:37 lastmod: 2022-08-29 13:28:37 status_changed: 2022-08-29 13:28:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mukhtafa, Sofa Tajkiyatul creators_name: Hartini, Sri creators_name: Farradia, Yuary creators_NPM: 021117086 creators_NPM: 0414115801 creators_NPM: 0416016903 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Pengembangan Usaha dengan Business Model Canvas Studi Kasus Agen JNE Topaz Citeureup. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Sofa Tajkiyatul Mukhtafa. 021117086. Pengembangan Usaha dengan Business Model Canvas Studi Kasus Agen JNE Topaz Citeureup. Dibawah bimbingan Hj. Sri Hartini dan Hj. Yuary Farradia. Agen JNE Topaz merupakan jasa pengiriman barang yang berdiri sejak tahun 2018 dan memiliki banyak pesaing, untuk mengembangkan usaha dan menghadapi persaingan ini diperlukan sebuah perumusan strategi yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model bisnis dan untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi kelemahan dari pengembangan usaha, serta menghasilkan rumusan strategi yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan di Agen JNE Topaz berdasarkan Business Model Canvas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian descriptive explanatory. Metode penarikan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner. Hasil analisis Customer Segment Agen JNE Topaz berada pada segmentasi pasar massa yang ingin melakukan pengiriman barang. Value Propositions yang dimiliki brand sudah terkenal, produk beragam, pick-up service, dan kekeluargaan. Channel dengan membagikan stiker, kantor, media sosial, word of mouth. Customer Relationship berupa personal assistance, dedicated personal assistance, memberi bingkisan. Revenue Streams Agen JNE Topaz dari fee penjualan produk yang ditawarkan. Key Resources terdiri dari sumber daya fisik berupa bangunan, aset pendukung, sumber daya intelektual kemitraan brand dengan JNE pusat, sumber daya manusia terdiri dari 5 karyawan. Sumber daya finansial berupa pinjaman Rp. 50.000.000,-. Key Activities melakukan penginputan paket, pick-up paket, pendistribusian barang pada JNE pusat untuk didistribusikan pada pelanggan. Key Partnership bermitra dengan PT. Octa Fx Indonesia, PT. Natamas Plast, Drypack plastik, Khimar Muslimah, Sulaeman Oven. Cost Structure yang dikeluarkan untuk pembayaran listrik, internet, gaji, biaya pick-up service, service kendaraan, alat tulis kantor, parkir kendaraan. Kata kunci: Business Model Canvas, Pengembangan Usaha date: 2021-10-05 date_type: published pages: 90 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mukhtafa, Sofa Tajkiyatul and Hartini, Sri and Farradia, Yuary (2021) Pengembangan Usaha dengan Business Model Canvas Studi Kasus Agen JNE Topaz Citeureup. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/1843/1/2021%20PENGEMBANGAN%20USAHA%20DENGAN%20BUSINESS%20MODEL%20CANVAS%20PADA%20JASA%20LOGISTIK%20%28STUDI%20KASUS%20PADA%20AGEN%20JNE%20TOPAZ%20CITEUREUP%29%20SOFA%20TAJKIYATUL%20MUKHTAFA%20021117086.pdf