%0 Thesis %9 Skripsi %A LESTARI, GALUH WIDYASTUTI %A SUPRIYANTO, JOKO %A RUSMANAH, ENOK %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, %A Program Studi Akuntansi, %B Program Studi Akuntansi %D 2021 %F eprintsunpak:2060 %I Universitas Pakuan %P 93 %T Pengaruh Pajak, Profitabilitas Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2019 %U http://eprints.unpak.ac.id/2060/ %X GALUH WIDYASTUTI LESTARI. 022117097. Pengaruh Pajak, Profitabilitas Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2019. Di bawah bimbingan: JOKO SUPRIYANTO dan ENOK RUSMANAH.2021. Transfer Pricing merupakan kebijakan atau keputusan mengenai penentuan harga transfer atas interaksi barang maupun jasa yang terjadi antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Salah satu motivasi perusahaan melakukan transfer pricing adalah pajak. Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi maupun badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang. Selain itu motivasi lain yang dapat mempengaruhi transfer pricing adalah profitabilitas dan mekanisme bonus. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam periode tertentu. Dan mekanisme bonus merupakan komponen perhitungan besarnya jumlah bonus yang diberikan oleh pemilik perusahaan atau para pemegang saham melalui RUPS kepada anggota direksi setiap tahun apabila memperoleh laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak, profitabilitas dan mekanisme bonus terhadap transfer pricing. Pajak diukur dengan Effective Tax Rate (ETR), profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA), mekanisme bonus diukur dengan Indeks Trend Laba Bersih (ITRENDLB) dan transfer pricing diukur dengan menggunakan piutang pihak berelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 87 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak berpengaruh terhadap transfer pricing, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap transfer pricing dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Kata kunci: Transfer Pricing, Pajak, Profitabilitas, Mekanisme Bonus