%T PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT SURYARAYA RUBBERINDO INDUSTRIES PERIODE 2015-2016 %L eprintsunpak2066 %X Muhamad Darusalam, 022114072, Akuntansi, Akuntansi Manajemen, Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Volume Penjualan pada PT Suryaraya Rubberindo Industries periode 2015-2016. Dibawah bimbingan Ahmad Burhanudin Taufiq dan Amelia Rahmi. Suatu perusahaan dalam kondisi yang penuh persaingan harus dapat menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing (competitive advantage). Salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan untuk dapat memperoleh posisi dipasar (market place) sekaligus dapat mempertahankannya adalah dengan menciptakan suatu produk yang berkualitas. Kebutuhan akan produk yang berkualitas mendorong pelaku bisnis menciptakan suatu produk baik barang maupun jasa yang berkualitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif, explanatory survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari PT Suryaraya Rubberindo Industries. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode statistik untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa rata-rata perkembangan biaya kualitas dan volume penjualan pada pada PT Suryaraya Rubberindo Industries periode 2015-2016 mengalami fluktuasi. Serta berdasarkan hasil uji t (koefesien regresi secara parsial) dapat diketahui bahwa biaya pencegahan berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung > t tabel. (6,932 > 2,09302) dengan nlai sig 0,000 yang kurang dari taraf nyata 0,05. Biaya penilaian berpengaruh terhadap penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung > t tabel (2,221 > 2,09302) dengan nilai sig 0,039 yang kurang dari taraf nyata 0,05. Biaya kegagalan internal tidak berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung < t tabel (0,874 < 2,09302) dengan nilai sig 0,393 yang lebih dari taraf nyata 0,05. Biaya kegagalan eksternal tidak berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung < t tabel (-0,405 < 2,09302) dengan nilai sig 0,690 yang lebih dari taraf nyata 0,05. Kata Kunci: Biaya penceghan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, volume penjualan %A Muhamad Darusalam %A Ahmad Burhanudin Tauqik %A Amelia Rahmi %I Universitas Pakuan